MBps vs Mbps, Ternyata Beda Lho…

0
19

Mbps? MBps? Bagi kalian yang sering menggunakan komputer tentu tidak asing dengan simbol tersebut bukan? Yap, simbol tersebut sering digunakan untuk menyatakan seberapa cepat transfer suatu data dilakukan. Namun tahukah kalian, walau hanya berbeda huruf besar dan kecil saja, namun kecepatannya berbeda jauh. Tidak percaya? Simak artikel berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut!

Bit dan Byte

Sebelum masuk ke pokok pembahasan, sebaiknya kita pelajari dulu sedikit tentang satuan data di adalam komputer. Komputer tidak menyimpan data menggunakan angka desimal, teks, simbol, maupun bentuk lain. Melainkan data tersebut disimpan dalam bentuk angka biner. Angka biner terdiri atas dua angka, yaitu 0 dan 1.

Bit merupakan kependekan dari “binary digit“, yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Hanya ada satu nilai di dalam satu bit, entah nilai 0 atau nilai 1. Dalam telekomunikasi digital juga demikian, semua level tegangan diubah menjadi bentuk data biner. Bit atau “binary digit” biasa disimbolkan dengan huruf ‘b’ kecil.

Istilah “binary digit” atau ‘bit’ diperkenalkan oleh John W. Tukey pada tahun 1947. Saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di Bell Laboratories. Sejak saat itu istilah ‘bit’ terus digunakan di dunia komputer.

Sedangkan satu byte terdiri atas 8 satuan bit yang digabung menjadi satu. Jadi byte adalah satuan informasi yang lebih besar dari bit. Istilah ‘byte’ pertama diciptakan dan digunakan oleh Dr. Werner Buccholz pada tahun 1956 saat ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di IBM. Byte biasa disimbolkan dnegan huruf ‘B’ besar.

“Bit biasa disimbolkan dengan huruf ‘b’ kecil, sedangkan byte biasa disimbolkan dengan huruf ‘B’ besar.”

Perbedaan MBps dan Mbps

Yap, gambar di atas adalah salah satu contoh iklan paket internet fiber optik oleh salah satu ISP di Indonesia. Bila kalian cermati, simbol yang digunakan pada gambar diatas adalah ‘Mbps’ dengan huruf ‘b’ kecil. Mungkin bagi kalian yang sering membeli paket internet, paket di atas harganya tergolong murah bila dibandingkan dengan kecepatannya. Apalagi jika kuota yang ditawarkan “unlimited“, sangat menggiurkan bukan? Akan tetapi ketika kalian sudah membeli paket semisal yang 10 Mbps dan mengunakannya untuk mengunduh suatu file, mungkin kalian akan mendapati kecepatannya turun seperti gambar berikut.

Pada gambar di atas, sibol yang digunakan adalah MB/s atau MBps dengan huruf ‘B’ besar. Sebenarnya kecepatannya tidaklah turun. Akan tetapi karena ada perbedaan satuan yang digunakan, maka kecepatannya seolah-olah turun. Seperti yang dibahas di atas, satu ‘byte’ terdiri atas delapan ‘bit’. Jadi satu bit sama dengan 1/8 byte. Coba lihat konversi berikut ini :

  • 1 bit = 1/8 byte atau 0,125 byte
  • 1 byte = 8 bit
  • 1 Kb = 1000 bit atau 125 byte
  • 1 KB = 1000 byte atau 8 Kb (kilobit)
  • 10 Mb = 10.000.000 bit atau 1,25 MB (megabyte)
  • 10 MB = 10.000.000 byte atau 80 Mb (megabit)

Nah, jadi sebenarnya kecepatan internetnya tidaklah turun. Malah kecepatan internet pada gambar diatas tergolong bagus. Karena lebih cepat dari yang seharusnya, yaitu 1,25 MBps.

Kenapa sih kok iklan pakainya ‘b’ kecil?

Hahaha….., hal ini sengaja dilakukan oleh para penyedia layanan internet agar layanan yang mereka tawarkan telihat bagus dan cepat. Kan kalau kelihatan cepat nanti jadinya banyak pelanggan yang berminat untuk membelinya. Jadi, jangan langsung menuduh suatu penyedia layanan internet itu melakukan penipuan ya.. cermati terlebih dahulu satuan yang mereka gunakan….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here