Mengenal Komputer

0
50

Di era modern seperti saat ini, bisa dipastikan bahwa di setiap bangunan perkantoran, hotel, sekolah, maupun layanan publik lainnya dan juga hampir setiap rumah warga memiliki yang namanya Komputer. Namun,  tahukah bagaimana komputer itu dibuat/dirancang? Bagaimanakah sejarahnya? Apakah langsung memiliki bentuk seperti sekarang ini? Tentu saja tidak…., dan untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak artikel berikut….

Sejarah Singkat

Komputer, atau cikal bakal komputer yang pertama kali, diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1824. Pada saat itu ia menciptakan sebuah alat penghitung otomatis yang bisa melakukan operasi penambahan dan pengurangan yang diberi nama Difference Engine. Pengembangan alat tersebut mendapatkan dana dari pemerintah Inggris. Namun karena dana yang ia dapatkan telah habis, alih-alih menyederhanakan desainnya, ia justru menciptakan alat lain yang lebih revolusioner, yaitu Analytical Engine.

Difference Engine
Difference Engine buatan Charles Babbage

Setelah Charles Babbage, banyak bermunculan komputer-komputer analog yang melenceng dari konsep komputer Babbage yang terprogram dan bisa difungsikan untuk berbagai keperluan komputasi. Sejarah kemudian bergulir ke komputer dengan mekanisme digital. Pada tahun 1930, Alan Turing berhasil membuat sebuah mesin bernama Turing Machine atau Mesin Turing, yaitu sebuah mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah sederhana yang kemudian menjadi cikal bakal dari komputer modern.

Generasi Pertama

Sejarah komputer bergeser pada ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yaitu generasi pertama komputer modern. ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. Ukurannya sangat besar, dimana dalam penempatannya membutuhkan ruang sebesar 500m². Komputer ini memakai 18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Untuk mengoperasikan ENIAC, pengguna harus memasukkan program secara manual ke dalam mesin menggunakan saklar khusus. Mesinnya sendiri berukuran “raksasa”, beratnya mencapai 30 ton dan menggunakan tenaga listrik hingga 200 kW.

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)

Generasi Kedua dan Ketiga

Perubahan penting kemudian terjadi di generasi kedua. Yaitu transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil. Komputer generasi kedua juga telah menggantikan posisi bahasa mesin dengan bahasa Assembly, yaitu bahasa yang menggunakan singkatan sebagai pengganti kode biner. Kemudian muncullah komputer generasi ketiga. Generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964 – 1970an.

Dalam penggunaanya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian. Kemudian pada tahun 1958, dia telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya yakni IC atau Integrated Circuit, chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu. IC dibuat pertama kali oleh Texas Instruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.

Generasi Keempat dan Kelima

Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ketiga, perbedaannya bahwa IC pada komputer generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga. Sejak tahun 1970 muncul dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat. Yang pertama yaitu penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang bisa disebut dengan nama Bipolar Large Scale Integration.

Intel 4004
Intel 4004, mikroprosesor 4-bit pertama

LSI merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC, yang dijadikan satu pada sebuah keping IC yang bisa kita sebut dengan nama chip. Istilah penyebutan chip digunakan dalam menunjukkan suatu lempengan yang berbentuk persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC. Komputer pada generasi keempat memiliki tampilan monitor yang masih menggunakan satu warna (green color).

Lanjut pada komputer generasi kelima yaitu seperti komputer yang lazim kita temui sekarang ini. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi masa depan. Pada generasi kelima ini, sudah dilakukan upaya pengembangan yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang dapat menggantikan chip. Yang dapat mempunyai kinerja kemampuan memproses triliunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip hanya bisa memproses miliaran operasi dalam perdetik. Komputer pada generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung berbicara dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi komputer. Sifat yang luar biasa dapat disebut dengan “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis GUI (Graphical User Interface), multikomunikasi dan multimedia.

Komponen-Komponen Komputer

  • Hardware

Hardware atau perangkat keras, adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer berikut ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

1. Motherboard (Papan Induk)

Motherboard
Motherboard

Motherboard (atau biasa disebut mainboard, systemboard, logic board, baseboard, atau mobo) merupakan sebuah Printed Circuit Board (PCB) yang bertindak sebagai tulang belakang pada sebuah komputer, sebab motherboard menyediakan sebuah konektivitas elektrik yang disebut bus sehingga semua komponen dan perangkat eksternal pada motherboard tersebut dapat terhubung.

Di motherboard inilah semua komponen-komponen komputer terpasang, seperti Prosesor, RAM, slot PCI, dan port USB. Selain itu motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, keyboard dan mouse. Intinya motherboard inilah yang membuat seluruh komponen dikomputer anda mampu untuk saling bekerja sama.

2. CPU/Processor

CPU
CPU (Central Processing Unit)/Processor

CPU (Central Processing Unit) atau Processor ialah sebuah IC yang mengontrol dari keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai pusatnya atau otak komputer dengan menjalankan fungsinya dalam melakukan perhitungan & menjalankan tugas.

3. GPU

GPU
GPU (Graphic Processing Unit)

GPU (Graphic Processing Unit), dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Grafis, yakni sebuah komponen khusus, berupa sebuah ‘unit’ yang bertugas mengolah segala hal yang mengarah ke grafis. baik itu berbentuk game, multimedia (video), gambar 3D/2D, animasi 2D/3D dan lain sebagainya.

Komponen ini diciptakan untuk sebagai pasangan dari CPU yang tidak lain adalah prosesor PC/laptop Anda. Tujuan awalnya diciptakan untuk mengolah tampilan display saja, namun lama kelamaan berkembang sehingga bisa mengolah beberapa perkerjaaan. Hal ini membuat CPU/Processor menjadi lebih ringan bebannya.

4. RAM

Random Access Memory
RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) adalah hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program.

Isi RAM dapat diakses secara acak atau tidak tergantung pengaturan tata letaknya. Data di dalam RAM dapat hilang ketika komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

Kapasitas RAM di dalam suatu komputer berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

5. Storage

SSD
Solid State Drive (SSD), salah satu jenis Storage

Storage adalah sebuah perangkat digital yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital yang dapat di simpan dalam kurun waktu yang tidak menentu tergantung usia dan perawatan dari perangkat storage itu sendiri. Saat ini perangkat storage terus di lakukan pengembangan baik secara jenis perangkatnya, maupun inovasi dari ukurannya.

Perangkat storage seiring dengan bertambahnya waktu memiliki ukuran yang semakin kecil. Dahulu perangkat storage besarnya mencapai seukuran lemari, yaitu ketika komputer pertama kali di temukan. Namun bisa kita lihat sekarang perangkat storage hanya sebesar genggaman tangan, bahkan ada yang lebih kecil lagi.

6. PSU

PSU
PSU (Power Supply Unit)

PSU (Power Supply Unit) adalah salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Biasanya komponen power supply ini bisa ditemukan pada casing komputer dan berbentuk persegi.

Pada dasarnya power supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian diubah menjadi energi yang digunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik. Sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya listrik AC dari PLN ke dalam bentuk aliran listrik DC dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen-komponen pada komputer seperti motherboard, prosesor, harddisk, dan komponen lainnya.

7. Casing

Casing
Casing

Casing merupakan sebuah wadah berbentuk kotak yang merupakan tempat diletakkannya hardware komputer, seperti motherboard, harddisk, dan perangkat-perangkat lainnya.

Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat hardware pada computer yang sangat sensitif terhadap debu dan benturan. Dengan adanya casing, maka hardware komputer yang lainnya akan lebih aman terhadap debu, kotoran, dan banturan.

8. Accessories

Aksesori adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk memberikan suatu fungsi tambahan tertentu atau untuk mempermudah pengoperasian suatu komputer. Contohnya seperti adapter Bluetooth yang digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth lainnya. Ataupun kamera yang digunakan untuk mengambil gambar ataupun melakukan perekaman video untuk video call, dan masih banyak lagi aksesori yang dapat kalian tambahkan ke komputer kalian.

  • Firmware

Firmware atau sering disebut juga dengan perangkat tegar, adalah istilah yang mengacu pada perangkat lunak yang disimpan di penyimpanan read-only yang tidak bisa berubah saat tidak dialiri oleh aliran listrik. Firmware terdiri dari program komputer yang menyediakan kontrol low-level untuk sebuah perangkat keras. Artinya, firmware ini seperti tertanam dalam tiap unit perangkat keras, seperti misalnya alat-alat elektronik dan komponen pada komputer.

Sebuah perangkat keras bisa saja tetap mempertahankan komponen-komponennya walaupun firmwarenya diubah. Jika diibaratkan, firmware mirip-mirip dengan sistem operasi pada sebuah komputer. Komputer tanpa sistem operasi tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar, penggunanya tidak dapat memberikan inputan perintah yang dapat diproses komputer. Begitu pula halnya dengan firmware. Tanpa adanya firmware dalam perangkat keras, maka sebuah perangkat keras tidak dapat menerima perintah untuk dieksekusi.

Awalnya, firmware hanya memiliki Read-Only Memory (ROM), dan Programmable Read-Only Memory (PROM). Firmware jenis tersebut didesain untuk bekerja secara permanen, tidak dapat diupdate ketika ada pembaharuan tertentu. Kemudian, chip PROM berkembang dan program di dalamnya dapat diperbaharui, yang kemudian dinamakan dengan EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory). Walau begitu, EPROM ini cukup mahal, memakan waktu banyak untuk diperbaharui, dan penggunaannya pun kurang praktis. Setelah itu, firmware berkembang lagi dengan memori flash, yang lebih mudah digunakan dan lebih praktis untuk diperbaharui.

1. BIOS

BIOS
BIOS (Basic Input/Output System)

BIOS (Basic Input/Output System) adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa Assembly yang bertugas mengatur fungsi dari perangkat keras/ hardware yang terdapat pada komputer. Berbeda dengan sistem operasi yang berada pada harddisk, BIOS umumnya terletak pada chip memori flash atau ROM yang terbuat dari bahan Complementary Metal-Oxide Semiconductor atau yang biasa disebut dengan CMOS.

Baterai CMOS
Baterai CMOS

Biasanya orang-orang menyebut baterai yang menempel pada motherboard dengan sebutan baterai CMOS. Baterai inilah yang berfungsi menjaga tanggal dan pengaturan lainnya yang telah disetting oleh pengguna agar tidak hilang meskipun komputer dimatikan.

BIOS memiliki beberapa tugas penting seperti memuat sistem operasi atau yang biasa disebut dengan istilah booting. BIOS juga bertugas menyediakan intruksi pada mikroprosessor untuk menyalakan komputer. Salah satu intruksi yang diperintahkan oleh BIOS pada mikroprosesor adalah Power On Self Test (POST) yang berfungsi untuk menguji status pengoperasian semua hardware pada komputer.

Intruksi lain yang diberikan kepada mikroprosesor adalah melakukan aktivasi chip BIOS yang terdapat pada beberapa komponen lain pada komputer seperti SCSI dan kartu grafis, memeriksa dan mengelola peripheral komputer melalui rutinitas tingkat rendah selama proses startup berlangsung. Selain itu, hal lain yang dilakukan oleh mikroprosesor adalah manajemen clock, harddisk dan pengaturan lainnya

2. UEFI

UEFI
UEFI (Unified Extensible Firmware Interface)

UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) merupakan teknologi terbaru berupa firmware interface pada sebuah komputer modern yang dibuat guna menggantikan fungsi dari BIOS. Sejarah kemunculan UEFI bermula dari terobosan yang dilakukan oleh perusahaan hardware terbesar yaitu Intel, yang pada saat itu teknologi ini oleh Intel diberinama EFI (Extensible Firmware Interface). Lalu seiring perkembangan, EFI kemudian diambil alih segi pengembangannya oleh sebuah group perusahaan yang terdiri dari 140 anggota yang kemudian diberilah nama Unified EFI atau UEFI.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, UEFI adalah penghubung antara hardware dengan sistem operasi dan firmware pada sebuah komputer modern sehingga dapat terjalin suatu komunikasi. Fungsi dari UEFI sendiri sama dengan fungsi BIOS, yaitu mengecek seluruh komponen yang ada pada komputer pada setiap kali komputer akan dijalankan. Pengaturan segala hal yang berhubungan dengan hardware dapat diatur melalui jendela interface UEFI sama halnya seperti pengaturan hardware dengan BIOS, pengaturan tersebut kemudian diserahkan kepada sistem operasi pada proses booting.

  • Software

Software atau perangkat lunak, adalah komponen komputer yang tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik. Software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan.

Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

1. Kernel

Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi komputer, tugasnya yaitu melayani bermacam-macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman. Ada juga definisi kernel yang lainnya adalah suatu perangkat lunak yang membuat komunikasi atau mediator antara aplikasi dan perangkat keras (hardware), yang menyediakan pelayanan sistem seperti pengaturan memori untuk proses yang sedang berjalan, pengaturan file, pengaturan input-output dan masih banyak lagi fungsi tambahan yang lainnya. Jadi intinya adalah kernel merupakan suatu penghubung antara software dan hardware.

2. OS

Operating System
OS (Operating System/Sistem Operasi)

OS (Operating System/Sistem Operasi) merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer (memori komputer dalam hal ini ada harddisk, bukan RAM) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi komputer berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas, dan antar-muka pengguna. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas.

3. Driver

Driver
List driver hardware di Windows

Driver adalah software yang memiliki tugas mengontrol hardware yang terpasang di komputer agar bisa terkoneksi dengan OS, aplikasi lain atau perangkat yang lain. Jadi driver itu memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan software umumnya. Ia adalah komponen penunjang yang bersifat khusus.

Mengapa khusus? Karena driver lah yang membuat interaksi antara hardware dengan hardware bisa terjalin. Misalnya Wi-Fi, LAN, keyboard, printer, mouse, VGA dan lainya dengan komputer. Kalau tidak ada driver, maka hardware-hardware tersebut tidak bisa digunakan karena tidak bisa terkoneksi dengan komputer.

4. Applications

Applications
Aplikasi komputer

Aplikasi adalah software/perangkat lunak tambahan yang dipasang untuk menunjang aktivitas pengguna. Aplikasi ini ada banyak jenis dan pembagiannya, contohnya aplikasi gratis dan berbayar. Ada juga aplikasi untuk pekerjaan kantoran, membuat desain grafis, mengolah video, menghitung, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini biasanya ada yang sudah terpasang bawaan saat memasang sistem operasi ada juga yang harus dipasang sendiri oleh penggunanya. Biasanya aplikasi yang terpasang bawaan saat memasang sistem operasi adalah aplikasi dasar yang biasanya selalu dibutuhkan oleh penggunanya.

Itulah sedikit pengenalan mengenai komputer yang kian hari kian banyak digunakan, semoga dengan membaca artikel di atas kalian bisa mengenali lebih jauh perangkat komputer yang kalian gunakan ya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here